Pages

Cari Informasi

Wednesday, June 27, 2012

Beasiswa S2 dan S3 di Amerika 2013/2014


Program Beasiswa Fulbright di Amerika Serikat (USA) kembali diluncurkan. Beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa internasional ini meliputi gelar master dan doktor (PhD). Beasiswa juga dapat diberikan untuk non-gelar studi pascasarjana. Masa deadline Februari-Desember 2012. Perkuliahan dimulai pada tahun akademik 2013-2014.

Hibah Fulbright tersedia untuk berbagai disiplin ilmu dan bidang, termasuk seni pertunjukan dan visual, ilmu alam, matematika, teknik dan teknologi. Fulbright mendorong aplikasi dari semua bidang, termasuk yang interdisipliner.

Program Fulbright tidak akan mendanai pelamar yang ingin mendaftar pada program gelar medis atau menawarkan hibah kepada mereka yang ingin melakukan penelitian medis klinis atau pelatihan yang melibatkan perawatan pasien, tapi mendukung bidang kesehatan masyarakat dan kesehatan global.

Sekitar 1.800 beasiswa disediakan untuk studi di Amerika bagi warga non AS. Program Fulbright menyediakan dana selama masa studi. Mulai dana kuliah, buku, tiket pesawat, gaji hidup, dan asuransi kesehatan. Lihat website resmi untuk inklusi beasiswa yang tepat.

Persyaratan:

Program kelayakan dan prosedur seleksi bervariasi. Silakan lihat situs resminya untuk menemukan informasi tentang Program Fulbright di negara asal, termasuk persyaratan dan pedoman aplikasi.

Aplikasi petunjuk:

Luar AS, beasiswa Fulbright yang dikelola oleh bi-nasional Komisi Fulbright/Yayasan atau Kedutaan Besar AS. Semua aplikasi mahasiswa asing diproses oleh kantor kedutaan AS di negara bersangkutan. Untuk Indonesia, bisa mengajukannya di Kedubes AS di Jakarta. Program kelayakan dan prosedur seleksi ditentukan oleh masing-masing negara.

Informasi rinci tentang bagaimana melakukan aplikasi beasiswa ini dapat mengunjungi situs resminya di http://foreign.fulbrightonline.org/fubrightprogram.html

Beasiswa ADS dan ALAS di Australia 2013/2014

Mengenyam kuliah S2 dan S3 di Australia menjadi salah satu primadona mahasiswa asal Indonesia. Selain maju, negara tersebut juga memberikan sejumlah kemudahan. Salah satunya menyediakan beasiswa untuk meringankan beban kuliah di sana. 

Australian Development Scholarship (ADS) dan Australian Leadership Awards Scholarhsip (ALAS) adalah dua di antara beasiswa yang ditawarkan. Pendaftaran beasiswa ini dimulai 12 Maret-17 Agustus 2012 untuk studi yang dimulai 2013/2014. Pada tahun ini, proses aplikasi ADS dan ALAS akan digabung, meski saat Anda mendaftar harus memilih salah satu.

Kedua beasiswa tersebut dinaungi oleh AusAID, hasil kerjasama Pemerintah Australia dan Indonesia. Beasiswa ini juga sangat fokus untuk kawasan seperti Papua, Papua Barat, NTB, NTT, dan Aceh.

Prioritas kajian diutamakan untuk empat sektor yang tertumpu pada pengembangan SDM dan pembangunan Indonesia. Yakni: 

• Pertumbuhan berkelanjutan dan manajemen ekonomi
• Demokrasi, keadilan dan tata pemerintahan yang baik
• Investasi dalam pembangunan manusia 
• Keamanan dan perdamaian.

Informasi rinci pada sektor-sektor prioritas dapat ditemukan di www.australiaawardsindo.or.id

Seleksi beasiswa ADS dan ALAS akan didasarkan pada kualitas pemohon, kompetensi akademik, dan yang paling penting dampak potensial terhadap tantangan pembangunan di negara asal.

Persyaratan beasiswa ADS dan ALAS
1. Melamar untuk program studi yang termasuk di sektor prioritas pembangunan 
2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,9 atau 2,75 bagi pelamar dari AusAID bidang fokus geografis dan untuk pelamar dari kategori target
3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,75 untuk penerima beasiswa penyandang cacat sebagaimana dinyatakan dalam formulir aplikasi beasiswa ADS. 
4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris minimum 5.0 pada IELTS (atau 500 dalam TOEFL berbasis kertas atau 61 berbasis internet TOEFL). Hasil IELTS atau TOEFL harus yang terbaru (hasil tes yang diperoleh pada tahun 2010 atau 2011 akan dianggap masih berlaku). 
5. Jika melamar doctor (S3), pelamar akan dibatasi untuk staf universitas, institusi pendidikan tinggi, lembaga penelitian, pengambil kebijakan utama dan kandidat target pada lembaga-lembaga lain yang terkait dengan kegiatan AusAID.
6. Sertakan juga akte kelahiran, KTP/Paspor, CV, kopi ijazah terakhir, dan transkrip nilai. 

Persyaratan lengkapnya bisa Anda unduh di sini atau buka http://www.ausaid.gov.au/scholar/publications.cfm

Aplikasi harus dikirim berupa hardcopy. Tiga salinan formulir dan semua dokumen yang dilampirkan harus diterima pada 17 Agustus 2012 di Kantor Awards Australia. Formulir pendaftaran dapat didownload di www.australiaawardsindo.or.id atau bisa mendatangi langsung kantornya di Jakarta.

Australian Awards Office 
Alamat: Gedung Wira Usaha lantai 7
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C-5, Kuningan
Jakarta Selatan 12940, Indonesia

Telepon: +62 21 527 7648
Fax: +62 21 527 7649
Email: info@australiaawardsindo.or.id
Website: www.australiaawardsindo.or.id

Beasiswa S2/S3 SEARCA 2013/2014


Tawaran beasiswa untuk studi S2 (master) dan S3 (doktor) tampaknya terus bermunculan. Jika sebelumnya Beasiswa Unggulan dari pemerintah, baru-baru ini sebuah lembaga regional Asia Tenggara yang konsen pada pengembangan pertanian, The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) mengundang partisipasi Anda. Beasiswa diberikan untuk tahun akademik 2013/2014. Syaratnya Anda adalalah dosen/pegawai dari sebuah perguruan tinggi, peneliti, atau pegawai institusi pemerintah. Bagi pelamar, usia tidak boleh lebih dari 35 tahun. 

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi: 
1. Formulir aplikasi dibuat rangkap dua 
2. Sepatutnya dilakukan formulir aplikasi untuk masuk ke Sekolah Pascasarjana setiap tiga (3) perguruan tinggi yang terdaftar dalam formulir aplikasi Beasiswa SEARCA mana pemohon dapat melanjutkan studi pascasarjana; 
3. Salinan ijazah terakhir beserta nilai dari perguruan tinggi asal yang telah 
4. Bukti pengalaman kerja 
5. Daftar riwayat hidup 
6. Penjelasan singkat tentang rencana tesis/disertasi yang akan diambil. Topik penelitian harus sejalan dengan prioritas SEARCA, yaitu manajemen sumber daya alam dan daya saing pertanian. 
7. Buatlah dua halaman tulisan tentang daya saing pertanian atau pengelolaan sumber daya alam
8. Dua buah salinan paspor 
9. Surat keterangan sehat jasmani dan mental dari dokter yang menerangkan layak untuk mengikuti pendidikan pascasarjana 
10. Dukungan resmi dari lembaga asal pelamar 
11. Lulus TOEFL dengan skor 550 atau IELTS 6 0.

Aplikasi diserahkan langsung ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang akan melakukan penyaringan awal. Oleh karena itu, Kemdikbud akan mengatur batas waktu pengajuan aplikasi. Para pelamar yang memenuhi syarat, maka akan dimasukkan dalam daftar Kemdikbud sebagai calon yang diusulkan untuk mengikuti program beasiswa SEARCA.  Paling lambat aplikasi diterima SEARCA 30 Juli 2012. Bagi Anda yang berminat, aplikasi sudah harus diajukan ke Kemdikbud paling lambat pertengahan Juli 2012. Bagi nominasi, jadwal interview akan diumumkan kemudian. 

Perguruan tinggi pilihan untuk Beasiswa SEARCA:
• Institut Pertanian Bogor, Indonesia 
• Universitas Gadjah Mada, Indonesia 
• Universiti Putra Malaysia, Malaysia 
• Universitas Kasetsart, Thailand 
• Universitas Filipina (UP) Los BaƱos, Filipina

Manfaat yang didapatkan

Dukungan keuangan meliputi uang saku, biaya kuliah, tunjangan perjalanan internasional dan domestik, dukungan tesis/disertasi, tunjangan buku dan asuransi kesehatan.

Download form aplikasi beasiswa SEARCA di sini
Informasi lebih lanjut, kunjungi www.searca.org atau melalui email gsd@agri.searca.org dan ecc@agri.searca.org. Telefax: (63-49) 5367164.

Beasiswa IPRS S2/ S3 Peneliti di Australia 2013


Punya keinginan menjadi peneliti? Pemerintah Australia bisa memfasilitasi Anda. Negeri kangguru tersebut menawarkan beasiswa S2 dan S3untuk riset yang dimulai 2013. Program ini dinamai International Postgraduate Research Scholarship (IPRS) yang dinaungi Departemen Inovasi, Industri, Ilmu Pengetahuan, dan Penelitian (DIISR) Australia. Program beasiswa ini sudah digulirkan dari beberapa tahun lalu dan memberikan beasiswa kepada sekitar 330 kandidat setiap tahunnya.

Pengajuan aplikasi secara resmi sudah dibuka 1 April 2012 dengan tenggat deadline yang bervariasi antara Juli hingga Oktober 2012. Tergantung kebijakan masing-masing universitas di Australia yang bekerjasama dengan program IPRS. Semua aplikasi juga langsung dikirimkan ke universitas pilihan, termasuk tahap seleksi yang akan diikuti. Anda bisa menemukan perguruan tinggi Australia yang menyelenggarakan IPRS di sini.

Jika berhasil memenangkan beasiswa IPRS, selain biaya kuliah dan biaya asuransi kesehatan bagi pemegang beasiswa, juga disediakan asuransi kesehatan bagi keluarga yang dibawa. Untuk berhak mendapatkan beasiswa IPRS, seorang mahasiswa harus: 

1. Mahasiswa internasional (kecuali Australia dan Slandia Baru) 
2. Memenuhi persyaratan visa pelajar internasional yang ditentukan di Australia, termasuk persyaratan untuk memperoleh dan mempertahankan kebijakan standar Overseas Student Health Cover yang disetujui oleh Departemen Kesehatan negara setempat
3. Mendaftar di perguruan tinggi Australia yang menyediakan beasiswa IPRS 
4. Mengambil studi di suatu subyek yang dinilai sebagai salah satu area konsentrasi penelitian
5. Tidak memegang kualifikasi penelitian yang setara dengan doktor riset di Australia, atau jika mengambil gelar master tidak memiliki kualifikasi penelitian yang dianggap setara atau lebih tinggi dari riset master 
6. Tidak menerima beasiswa dari AusAID dalam dua tahun terakhir 
7. Tidak sedang menerima beasiswa kuliah dari skema beasiswa lain yang disediakan Pemerintah Australia 

Anda harus memeriksa universitas yang dituju jika mereka memerlukan persyaratan lain. Aplikasi dikirim ke universitas yang dipilih. 

Informasi lebih lanjut bisa Anda tanyakan dengan menghubungi email: RBGrants@innovation.gov.au dengan menuliskan “IPRS” sebagai subjek.

Resource: http://goo.gl/hTXv4

Beasiswa Wartawan - Olahragawan - Seniman


Apakah Anda berkecimpung di salah satu profesi ini: peneliti, penulis, pencipta, seniman, wartawan, olahragawan, dan tokoh? Jika iya, ada penawaran beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) 2012/2013 yang sayang bila dilewatkan.

Program beasiswa yang dinamai P3SWOT itu resmi digulirkan lagi sebagai wujud stimulasi menyiapkan para peneliti, pencipta, penulis, seniman, olahragawan, dan tokoh yang cerdas dan kompetitif sesuai dengan visi pendidikan nasional. Menariknya, bantuan beasiswa diberikan tidak hanya untuk lingkup nasional tapi juga internasional.

Pendaftaran beasiswa P3SWOT dibuka mulai 01 Januari 2012 sampai 31 Desember 2012.

Manfaat yang Anda dapatkan: 
1. Peneliti dan Pencipta
√ Membiayai undangan workshop, seminar dan short course internasional;
√ Membiayai karya cipta;
√ Membiayai penelitian dalam negeri dan/atau kerjasama luar negeri;
√ Membiayai kelompok peneliti dan/atau pencipta yang akan mengadakan seminar, workshop dan short course berskala internasional;
√ Membiayai kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya di dalam dan luar negeri.

2. Penulis
√ Membiayai penyelesaian penulisan buku ilmiah dan populer dan memiliki ISBN;
√ Membiayai karya cipta penulisan buku yang siap diterbitkan oleh penerbit nasional;
√ Membiayai kelompok penulis yang akan mengadakan seminar, workshop dan short course berskala internasional;
√ Membiayai kegiatan-kegiatan ilmiah di dalam dan luar negeri dalam rangka penulisan karya ilmiah, ilmiah praktis dan karya lainnya secara nasional dan internasional;
√ Membiayai penulisan naskah kuno, alih bahasa naskah kuno, dan manuskript.

3. Seniman
√ Membiayai undangan seniman untuk acara pameran di luar negeri;
√ Membiayai karya cipta seniman yang bertaraf nasional dan internasional;
√ Membiayai kelompok seniman yang akan kegiatan seminar, workshop, short course berskala internasional;
√ Membiayai kegiatan-kegiatan kesenian di dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan profesionalisme bidang kesenian secara nasional dan internasional.

4. Wartawan
√ Membiayai undangan jurnalis bidang pendidikan di luar negeri;
√ Membiayai karya jurnalis bertaraf internasional;
√ Membiayai kegiatan seminar, workshop, short course berskala internasional;
√ Membiayai kegiatan-kegiatan jurnalis di dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan profesionalisme secara nasional dan internasional.
5. Olahragawan
√ Membiayai kegiatan yang mendukung profesionalisme untuk kegiatan olahraga di dalam dan luar negeri;
√ Membiayai kegiatan-kegiatan yang menunjang bidang olahraga dalam lingkup regional, nasional maupun internasional ditunjukkan surat undangan atau rekomendasi dari asosiasi olah raga yang ada;
√ Membiayai hal-hal yang dianggap penting oleh olahragawan secara regional, nasional dan internasional;
√ Tidak dipergunakan untuk membiaya sekolah atau studi;

6. Tokoh
√ Membiayai kegiatan yang mendukung profesionalisme untuk Tokoh di dalam dan luar negeri;
√ Membiayai karya ketokohan secara Regional dan Nasional;
√ Membiayai kegiatan-kegiatan yang menunjang bidang ketokohannya dalam lingkup regional, nasional maupun internasional, dan
√ Membiayai hal-hal yang dianggap penting oleh pelamar untuk skala nasional dan internasional.

Untuk melakukan pendaftaran, Anda harus mempunyai account terlebih dahulu. Jika belum, buat di sini.

Setelah Anda memiliki account, silakan login dengan email dan password yang telah dibuat. Jangan lupa mengkonfirmasinya terlebih dahulu dengan membuka email Anda.

Pilih salah satu kategori beasiswa P3SWOT dan lengkapi isian pada Form Keterangan Diri

Terdapat 10 Form yang dapat dilengkapi, yaitu :
1. Form Keterangan Diri (wajib diisi)
2. Form Keterangan Asal Instansi (wajib diisi)
3. Form Riwayat Pendidikan (wajib diisi)
4. Form Riwayat Organisasi
5. Form Riwayat Prestasi / Kejuaraan
6. Form Pengalaman Kerja
7. Form Pelatihan Lanjutan / Seminar / Kursus
8. Form Proposal (wajib diisi)
   Proposal berisi rencana kegiatan yang akan dilakukan sesuai kriteria profesi yang dipilih termasuk anggaran yang dibutuhkan disertai lampiran sesuai dengan kebutuhan
9. Form Rekomendasi
10. Form Rekening dan Surat Permohonan (wajib diisi)

Silakan lakukan submit pendaftaran sebelum batas akhir pendaftaran. Sebelum melakukan submit pendaftaran, pastikan Anda sudah mengisi semua form dengan benar karena data akan dikoreksi oleh tim seleksi dan tidak dapat diedit lagi.

Dokumen yang perlu disiapkan (scan terlebih dahulu):
1. Foto (.jpg) maks 200 Kb
2. Scan KTP (.jpg) maks 200 Kb
3. Proposal (.pdf) maks 512 Kb
4. Scan Buku Tabungan (halaman pertama) (.jpg) maks 512 Kb
5. Surat Permohonan (.jpg) maks 512 Kb
6. Ijazah (.jpg) maks 200 Kb
7. Sertifikat Organisasi (.jpg dalam .zip) maks 512 Kb
8. Sertifikat Prestasi (.jpg dalam .zip) maks 512 Kb
9. Sertifikat Pelatihan (.jpg dalam .zip) maks 512 Kb
10. Surat Rekomendasi/Usulan Beasiswa (.zip) 2 Mb

Jika mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran Beasiswa Unggulan P3SWOT secara online, Anda dapat mendownload buku Petunjuk Penggunaan P3SWOT Online di sini.
Resource: http://p3swot.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id

Beasiswa Batik - CIMB Niaga 2012

Mungkin Andalah salah seorang yang berhak mendapatkanbeasiswa CIMB Niaga 2012. Bekerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), CIMB Niaga meluncurkan beasiswa unggulan teknologi industri kreatif (BUTIK-CIMB). Sebanyak 15 beasiswa ditawarkan bagi mahasiswa yang menjadi pelaku usaha kecil-menengah atau wirausaha muda. 

Melalui Program BUTIK-CIMB Niaga, penyelenggara berharap akan tercipta mahasiswa yang produktif dalam masyarakat dan mampu mengatasi berbagai masalah sosial yang ada. 

Program BUTIK-CIMB Niaga terbuka bagi mahasiswa universitas negeri dan swasta, yang telah duduk pada semester 5 untuk tingkat S1, dan semester 3 pada program DIII, serta memiliki usaha aktif setidaknya 6 bulan. 

Berikut persyaratan lengkapnya: 
1. Warga Negara Indonesia
2. Berusia maksimum 25 tahun (saat mengikuti beasiswa)
3. Mahasiswa dari universitas negeri atau awasta di seluruh Indonesia mulai semester 5   pendidikan jenjang S1 dan/atau mulai semester 3 pada pendidikan vokasi/politeknik.
4. Memiliki IPK sedikitnya 2 tahun berturut-turut minimal 2,75 (skala 4,00).
5. Memiliki usaha aktif sedikitnya 6 bulan.
6. Menyerahkan laporan usaha (kinerja keuangan dan pemasaran).
7. Lolos proses seleksi yang ditetapkan CIMB Niaga dan Kemdikbud RI.

Selain harus memiliki usaha aktif sekurangnya 6 bulan, peserta juga akan disaring dengan melihat jenis dan pengembangan usahanya, orientasi usahanya terhadap ekonomi-sosial, efektivitas rencana pengembangan usaha, konsistensi, dan manfaat bagi masyarakat.

Jadwal pendaftaran:
Proses pendaftaran dilakukan secara online mulai 30 Mei–28 September 2012 dengan mengunjungi website www.cimbniaga.com. Proses seleksi dilakukan oleh tim dari CIMB Niaga dan Kemdikbud. Beasiswa diberikan dengan jangka waktu maksimum empat (4) semester. Selain biaya kuliah, biaya hidup, dan modal usaha, pemenang juga akan mendapatkan pendampingan dari tim Micro Finance CIMB Niaga. 

Resource: http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/

Beasiswa D3/S1 MIPA, Pertanian, Kedokteran, Politeknik


Peluang mendapatkan beasiswa kembali disediakan Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat (YPKAAR) tahun ini. Pemberian beasiswa tersebut sebagai wujud terciptanya manusia Indonesia sejahtera khususnya di lingkungan akademis. Bagi Anda yang berminat, pastikan terlebih dahulu beasiswa YPKAAR ditawarkan di kampus Anda. Beasiswa diberikan bagi mahasiswa yang berprestasi dengann latar belakang ekonomi rendah. 

Syarat Pengajuan Permohonan:
1. Mahasiswa berkebangsaan Indonesia.
2. Bidang/Jurusan, untuk S1: Teknik, MIPA, Pertanian, Perikanan, Kehutanan danKedokteran
untuk D3: Politeknik.
3. Minimum semester III atau tahun ajaran kedua.
4. IPK terakhir untuk program S1 min. 2.95 dan untuk program D3 (Politeknik) min. 2.75.
5. Prioritas beasiswa akan diberikan kepada peserta yang telah menerima beasiswa tahun ajaran sebelumnya.
6. Dari keluarga berpenghasilan marginal, dibuktikan dengan Surat Keterangan penghasilan Orang Tua, dan/atau Surat Keterangan dari kelurahan.
7. Tidak atau sedangn menerima beasiswa dari lembaga atau instansi lain.
8. Mengisi formulir permohonan beasiswa YPKAAR dan diserahkan melalui Pembantu Rektor/Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi/Akademi selambat-lambatnya tanggal 1 Juli 2012 (mahasiswa yang telah menerima beasiswa YPKAAR pada tahun akademik 2011 – 2012 tidak diharuskan mengirimkan formulir beasiswa).

Pengumuman Keputusan Beasiswa:
Surat keputusan penerima beasiswa akan diberikan melalui Pembantu Rektor/Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi/Akademi.

Besar Beasiswa:
Beasiswa ditetapkan sebesar Rp. 325.000,- per bulan terhitung mulai bulan Agustus 2012 sampai dengan Juli 2013 dan diberikan secara langsung tiap 3 (tiga) bulan dimuka dan akan dikirimkan melalui Perguruan Tinggi/Akademi masing-masing. Kelanjutan pemberian beasiswa tergantung pada prestasi mahasiswa di semester yang sedang berjalan dan keputusan penilaian tim YPKAAR.

Kewajiban Penerima Beasiswa:
~ Memberikan copy IPK setiap semester kepada Pembantu Rektor/Direktur Bidang Kemahasiswaan untuk dikirimkan ke Sekretariat YPKAAR secara kolektif.
~ Membuat Tanda Terima Beasiswa yang telah disediakan di masing-masing Perguruan Tinggi/Akademi untuk dikirimkan ke Sekretariat YPKAAR secara kolektif. Tidak adanya tanda terima dari penerima beasiswa berakibat terputusnya pemberian beasiswa untuk tahap berikutnya.

Resource: http://if.its.ac.id/beasiswa-ypkaar-tahun-2012-2013/

Beasiswa MBA Swiss 2014

Anda seorang pengusaha sosial berbakat atau bekerja untuk sebuah LSM. Kesempatan baik ini sayang untuk dilewatkan. Ya, penawaran beasiswa master of business administration (MBA) dari sekolah bisnis IMD Swiss. Tahun ini, IMD menyediakan beasiswa S2 MBA untuk sejumlah mahasiswa dari negara berkembang. Masing-masing beasiswa bernilai + CHF 45000 (setara Rp 439 juta lebih). Yang berminat bisa daftar sekarang. Pendaftaran akan ditutup 15 Juli 2012. 

Tujuan diberikannya beasiswa MBA dari IMD Business School ini untuk mencari kandidat berkualitas yang memiliki semangat dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kepemimpinannya yang bertanggung jawab sosial. 

Berikut kriteria dan syarat yang harus dipenuhi: 
1. Saat ini bekerja sebagai wirausahawan sosial atau untuk sebuah LSM di negara asal
2. Memiliki pengalaman kerja 4-10 tahun. 
3. Membuat kontribusi yang signifikan untuk negara tempat tinggal, lingkungan, atau masyarakat pada umumnya. 
4. Memiliki karakteristik kepemimpinan dan berdampak di kelas
5. Punya kebutuhan keuangan yang Anda tidak mampu di IMD
6. Memiliki kemampuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan
7. Menunjukkan semangat dan komitmen untuk kepemimpinan yang bertanggung jawab sosial, baik dalam peran Anda saat ini maupun setelah kembali ke negara asal setelah program MBA IMD. 

Studi MBA IMD akan dimulai Januari 2014. 
Siapkan aplikasi yang dibutuhkan di bawah ini:
1. Buatlah essai dengan menjawab 5 pertanyaan di bawah
2. Kirimkan informasi pribadi Anda (download form)
3. Kirimkan rincian transkrip ijazah dan nilai
4. Dua surat rekomendasi 
5. Kirimkan usulan bantuan keuangan IMD dengan semua dokumen pendukung (download form)

Isi essai (ditulis dalam bahasa Inggris): 
~ Ceritakan tentang diri dan pengalaman Anda (500 kata)
~ Apa yang mendorong semangat Anda untuk kepemimpinan yang bertanggung jawab sosial? (100 kata)
~ Apa tujuan karir masa depan Anda? (100 kata)
~ Mengapa MBA IMD sesuai dengan tujuan-tujuan karir masa depan? (100 kata)
~ Identifikasi proyek kewirausahaan sosial di negara asal. Bagaimana Anda akan menjalankan proyek tersebut, termasuk pencapaian dan pendanaannya? Mengidentifikasi poin positif yang dapat membantu Anda untuk melaksanakan rencana serta solusi yang dapat menghambat Anda mencapai tujuan. (1.000 kata. Informasi tambahan dapat dimasukkan ke dalam lampiran.)

Proses seleksi: 
~ 30 Oktober 2012: Seleksi calon. Calon akan diwawancarai melalui telepon selama bulan Oktober.
~ 10 Januari 2013: Penyelesaian tes GMAT (ujian masuk pascasarjana) oleh calon terpilih
~ 1 Februari 2013: Pemberitahuan para finalis beasiswa
~ 1 April 2013: Penyelesaian formulir aplikasi MBA IMD untuk kelas 2014.

Ctt: Pemenang beasiswa harus mengikuti seleksi reguler MBA di IMD sebelum diterima untuk program beasiswa. 

Pertanyaan yang berhubungan dengan beasiswa MBA IMD Swiss ini bisa menghubungi email: mbafinance@imd.ch atau kunjungi situs resminya di http://www.imd.org.

Resource: http://goo.gl/iidNx

Beasiswa S2 di Belanda 2013/2014

Impian untuk melanjutkan pendidikan ke negeri kincir angin Belanda bisa Anda wujudkan melalui beasiswa. Tahun ini, Radboud University Nijmegen, salah satu perguruan tinggi Belanda menawarkan beasiswa S2 yang dimulai 2013/2014. Mereka yang bisa mengajukan penawaran beasiswa ini adalah mahasiswa di luar kawasan Eropa, salah satunya Indonesia. 

Program beasiswa Radboud sangat selektif dan ditujukan untuk mahasiswa berbakat yang telah meraih hasil penelitian yang luar biasa dan sangat termotivasi untuk mengejar gelar master di Radboud University. Setiap tahun disediakan 20 beasiswa di kampus ini. 

Beasiswa yang diberikan nantinya dalam bentuk biaya kuliah parsial, tidak dalam bentuk uang yang dikirimkan ke rekening bank. Misalnya, tahun ini jika biaya kuliah yang seharusnya ditanggung € 10.200 atau € 16.450, yang dibayarkan mungkin hanya € 1.771. Selain biaya kuliah parsial, Anda juga akan diberikan visa, ijin tinggal, asuransi kesehatan, dan asuransi wajib. 

Prosedur Aplikasi:
Aplikasi masuk universitas dan aplikasi beasiswa sepenuhnya terintegrasi, tidak ada prosedur terpisah. Ikuti langkahnya di sini. Batas waktu untuk mengirimkan aplikasi, termasuk semua dokumen yang diperlukan, adalah 1 Maret 2013. Juga biaya yang harus dikeluarkan sudah harus diterima sebelum batas waktu tersebut. 

Jika informasi tidak lengkap atau biaya penanganan belum diterima, aplikasi secara otomatis akan ditolak. Anda bisa menghubungi email: rsp@io.ru.nl untuk informasi lebih jelas. 

Komite Seleksi Program Beasiswa Radboud akan memilih pemenang beasiswa berdasarkan nominasi tertinggi. Anda akan diberitahu keputusan akhir tersebut sebelum 1 Juni 2013.

Dokumen yang diperlukan: 
1. Tunjukkan formulir aplikasi anda, bahwa Anda ingin memenuhi persyaratan Beasiswa Radboud
2. Surat motivasi untuk program gelar master
3. Ijazah dan transkrip yang telah dterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh penerjemah resmi
4. Dua surat rekomendasi 
5. Curriculum vitae (riwayat hidup)

Ctt: Surat rekomendasi dan curriculum vitae akan diminta setelah Anda masuk nominasi. Komite seleksi akan menghubungi. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen tersebut sebelum 15 Maret 2013. 

Persyaratan beasiswa: 
1. Memiliki paspor non-EU/EEA (di luar Eropa atau kawasan ekonomi Eropa).
2. Telah sepenuhnya diterima di program master berbahasa Inggris oleh Kantor Kemahasiswaan sebagaimana dinyatakan dalam surat resmi Dewan Eksekutif.
3. Dapat memenuhi persyaratan untuk mendapatkan visa untuk Belanda.
4. Telah terdaftar di Radboud University sebagai mahasiswa penuh untuk tahun akademik dan program gelar master saatbeasiswa diberikan.

Kriteria seleksi:
Di bawah ini adalah beberapa pertimbangan komite seleksi untuk memiliki kandidat pemenang beasiswa: 
1. Berbakat: Ini dilihat dari hasil penelitian yang luar biasa di lapangan saat studi 
2. Memiliki prestasi 
3. Memiliki kualitas pendidikan akademik (nilai, skor tes, publikasi, dll)
4. Didukung oleh dua surat rekomendasi 
5. Motivas: dilihat dari surat motivasi 

Resource: http://goo.gl/2UzdS

Beasiswa Penelitian API


Sebagai peneliti, dukungan dana sudah pasti akan sangat membantu. Banyak kasus karena keterbatasan dana, kegiatan penelitian akhirnya tidak mulus. Kini, Anda bisa melakukan penelitian tanpa harus pusing memikirkan biaya melalui beasiswa dari The Nippon Foundation. Tahun ini lembaga nirlaba itu, menyediakanbeasiswa API (Asian Public Intellectuals) yang ditujukan bagi para peneliti di lima negara, yakni Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Pendaftaran beasiswa diajukan mulai 1 Juli 2012 – 31 Agustus 2012. Kegiatan penelitian nantinya dimulai untuk tahun 2013-2014 dengan periode beasiswa selama satu bulan hingga satu tahun, tergantung lamanya penelitian.

Beasiswa API diberikan dalam dua kategori, yaitu beasiswa senior API (The API senior fellowships) dan beasiswa API (The API fellowships). Beasiswa Senior API diperuntukkan bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas, Beasiswa API diperuntukkan bagi mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Yang perlu diingat, kegiatan penelitian tidak dilakukan di negara asal, melainkan di empat negara lainnya.

Siapa saja yang boleh melamar:
Setiap orang yang berpartisipasi dalam memproduksi pertukaran pengetahuan atau gagasan-gagasan sesuai dengan tujuan-tujuan ProgramBeasiswa API dapat melamar. Dalam hal ini termasuk para akademisi, peneliti, profesional, artis, penggiat LSM, pekerja sosial, pegawai negeri, dan berbagai pihak yang bekerja untuk kemajuan masyarakat.

Tema penelitian yang bisa diambil:
• Perubahan Identitas dan Konteks Sosial, Sejarah, dan Kebudayaan.
• Refleksi mengenai Kondisi Kemanusiaan dan upaya Mewujudkan Keadilan Sosial.
• Globalisasi: Struktur, Proses, dan Alternatifnya.

Fasilitas yang diperoleh:
• Gaji dan tunjangan perumahan selama periode beasiswa. Jumlahnya berbeda antar negara sesuai dengan lamanya beasiswa.
• Transportasi internasional untuk sekali jalan.
• Tunjangan transportasi dalam negeri.
• Tunjangan penelitian untuk membeli komputer, biaya perjalanan, buku, penerjemahan, dsb.
• Asuransi perjalanan selama periode beasiswa.

Jadwal Proses Seleksi:
• Periode lamaran dari tanggal 1 Juli 2012 hingga 31 Agustus 2012.
• Wawancara akan diadakan bulan September/Oktober 2012*.
• Hasil akan diumumkan pada bulan Februari 2013.
* Tidak akan ada wawancara susulan jika pelamar tidak dapat menghadiri wawancara pada waktu yang ditentukan. Karena itu, mereka yang tidak dapat hadir pada saat wawancara dengan sendirinya gagal dari proses seleksi.

Persyaratan Umum Beasiswa Senior API dan Beasiswa API:
• Para pelamar haruslah seorang warga negara/atau benar adalah warga negara dari salah satu negara peserta dan tinggal di negara (Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, dan Thailand) pada saat melamar;
• Para pelamar harus menghadiri wawancara di tempat dan waktu yang ditentukan;
• Para pelamar harus mengajukan proyek penelitian dan/atau aktivitas profesional yang dimulai tanggal 1 Juli 2013 dan harus selesai sebelum atau akhir Juli 2014;
• Para pelamar harus memiliki pengetahuan dasar bahasa Inggris. Kemampuan berbicara
menggunakan bahasa/bahasa-bahasa di mana proyek penelitian diusulkan dan atau aktivitas profesional dilakukan menjadi suatu aset; dan
• Para pelamar harus dan akan terus berada di kawasan/negara di waktu yang akan datang;
• Ketika terseleksi, mereka harus menghadiri Orientasi dan Country Workshop pada bulan Februari/Maret 2013. Ketidakhadiran saat Orientasi dapat berdampak pada pembatalan seleksi.

Tambahan Syarat Beasiswa Senior API:
• Berusia di atas 40 tahun atau lebih pada tanggal 31 Agustus 2012 (kekecualian diberlakukan);
• Memiliki kemampuan dan pengalaman untuk melakukan proyek penelitian dan/atau aktivitas profesional di negara-negara peserta (Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, dan Thailand), selain dari negara asal atau negara tempat tinggal;
• Melaksanakan usulan proyek penelitian dan/atau aktivitas profesional di empat negara peserta (Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, dan Thailand), tetapi di satu negara atau di negara-negara selain negara asal atau negara tempat tinggal pelamar;
• Melaksanakan usulan proyek penelitian dan/atau aktivitas penelitian secara berkesinambungan untuk periode antara 1 (satu) hingga 12 (duabelas) bulan; dan
• Memiliki kemampuan, pengaruh, dan alat untuk menyebarluaskan hasil-hasil proyek penelitian dan/atau aktivitas profesional.

Tambahan Syarat Beasiswa API:
• Berusia kurang dari 40 tahun pada tanggal 31 Agustus 2012 (kekecualian diberlakukan);
• Memiliki kemampuan dan keinginan untuk merelevansikan proyek penelitian dan/atau
aktivitas-aktivitas profesional di negara-negara peserta (Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, dan Thailand) selain dari negara asal atau negara tempat tinggalnya;
• Mempunyai potensi yang kuat untuk memberikan kontribusi kepakarannya pada masa mendatang;
• Melaksanakan proyek penelitian yang diusulkan dan/atau aktivitas-aktivitas profesional untuk satu periode waktu secara berkesinambungan antara 4 (empat) dan 12 (duabelas) bulan; dan
• Melaksanakan proyek penelitian dan/atau aktivitas profesional di satu sampai dua negara peserta (Indonesia, Malaysia, Jepang, Filipina, dan Thailand), tetapi di satu negara atau negara-negara selain dari negara asal atau negara tempat tinggal pelamar.

Materi lamaran harus terdiri dari:
• Lembar Lamaran dan Lembar Data (download)
• Surat Bersampul dengan pendahuluan singkat tentang diri Anda dengan rinci dan mengapa Anda melamar Program Beasiswa API.
• Daftar Riwayat Hidup lengkap dalam bahasa Inggris. Daftar riwayat hidup panjangnya tidak boleh lebih dari tiga halaman dan harus rinci berisi tentang pendidikan, karier profesional, publikasi, dan prestasi.
• Usulan Proyek menjelaskan pertanyaan-pertanyaan berikut (seluruhnya ditulis lima halaman atau kurang):
(1) Mengapa Anda melamar Program Beasiswa API?
(2) Siapakah “intelektual publik” menurut defenisi Anda?
(3) Apakah proyek Anda? Silahkan menjawabnya dengan rinci.
(4) Mengapa Anda ingin melakukan proyek ini?
(5) Mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk melakukan proyek ini? (Sebutkan pengalaman
sebelumnya yang relevan).
(6) Bagaimana Anda mengerjakan proyek itu? (Metodologi).
(7) Apakah hasil dari proyek Anda (Makalah penelitian, video, pertunjukan, dan lain-lain) dan bagaimana
anda akan mendistribusikannya?
(8) Bagaimana proyek Anda berkontribusi sesuai dengan tujuan-tujuan API?
(9) Apakah keberhasilan Anda sebelumnya dan rencana masa depan sebagai intelektual public (organisasi, advokasi, publikasi, dsb)? Bagaimana beasiswa ini akan membantu Anda?
10. Dua Surat Rekomendasi dengan tanda tangan asli pemberi rekomendasi. Jika rekomendasi itu ditulis tidak dalam bahasa Inggris, Anda harus mempersiapkan terjemahan dalam bahasa Inggris.
Kedua surat rekomendasi ini ditujukan kepada Program Beasiswa API, dan harus ditulis dalam waktu tiga bulan sebelum batas terakhir penyerahan lamaran.
 
Para pelamar agar mengirimkan proposal penelitian kepada:
Prof. Dr. John Haba dan Dr. Yekti Maunati,
PSDR – LIPI, Gedung Widya Graha, lantai 9
Jln. Jend. Gatot Subroto No. 10 – Jakarta 12710, Indonesia
Telp. 021-5251542, pes.680 dan 686
Email: darahkubiru@yahoo.com dan yektim@yahoo.com
 
Resource: http://www.api-indonesia.info/