Pages

Cari Informasi

Monday, June 4, 2012

Kesempatan Kuliah Gratis di Jepang


Jepang terkenal dengan teknologinya yang canggih dan disiplin masyarakatnya. Kuliah di Jepang juga berarti kita belajar budaya Jepang. Kini kuliah ke jepang bukan sesuatu yang sulit lagi. Tahun ini pemerintah Jepang membuka peluang bagi lulusan terbaik Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk mendapat pendidikan gratis ke negeri sakura.

Ada tiga program pendidikan yang ditawarkan yakni universitas (S1), College of Technology (D3) atau Professional Training College (D2).
Staf Penerangan Konjen Jepang di Surabaya Arvil Syahadat mengungkapkan, beasiswa ini akan dimulai tahun akademik 2013 (April 2013.

"Pelamar hanya bisa mendaftar satu program S1, D3 atau D2. Mereka harus lulus dari SLTA atau akan lulus maksimal 31 Maret 2013,"terangnya saat dihubungi Surya, Sabtu (19/5/2012).

Penentuan lulus maksimal 31 Maret 2013 dimaksudkan  untuk mengantisipasi pendaftar yang sudah mengikuti ujian akhir nasional, namun masih menunggu kelulusan.

"Ini juga untuk mengantisipasi pendaftar yang bersekolah di luar negeri karena biasanya seperti Singapura baru mengumumkan kelulusannya September 2012. Jadi syaratnya sudah mengikuti ujian saja," katanya.

Syarat lainnya, pendaftar hanya dikhususkan yang lahir antara tanggal 2 April 1991 hingga 1 April 1996.

Sementara untuk nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir untuk program S1 minimal 8,4, program D3 minimal 8,0 dan program D2 minimal. 8,0.

"Jika nilai ijazah asli belum dikeluarkan, nilai ijazah sementara dari kepala sekolah bisa diterima,"katanya.

Formulir pendaftaran bisa langsung didownload dari websote kedutaan Jepang www.id.emb-japan.go.jp. "Formulir yang sudah diisi bisa diantar atau dikirim ke kedutaan besar jepang atau konsulat jenderal jepang, lengkap dengan fotokopy, raport, ijazah dan nilai ijazah. Batas akhir pengiriman tanggal 15 Juni 2012,"terangnya.

Bagi pendaftar yang lolos administrasi langsung mengikuti ujian tulis yang meliputi bahasa inggris dan matematika untuk program IPS. Sedangkan program bahasa inggris, matematika, kimia, fisika/biologi.

"Kalau lulus ujian tulis langsung mengikuti ujian wawancara,"katanya.
Untuk kuota, pemerintah Jepang tidak membatasi karena disesuaikan dengan jumlah nilai tertinggi yang sudah ditentukan. "Kalau pengalaman tahun-tahun sebelumnya ada sekitar 30-35 orang yang lolos,"katanya.

Sementara untuk perguruan tingginya,  juga disesuaikan dengan nilai yang didapat. Semakin bagus nilainyan dia akan ditempatkan di universitas terkemuka. "Seluruh universitas di Jepang bisa diakses mulai dari tokyo, osaka hingga hiroshima,"katanya.

Bagi pendaftar yang lolos tidak perlu merisaukan biaya karena seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup akan ditanggung pemerintah jepang. "Kami tidak ada prioritas untuk siswa yang kurang mampu karena cukup sulit menyeleksiny, memgingat jumlah pendaftar yang mencapai ribuan orang,"pungkasnyaa.

sumber : news.detik.com

No comments:

Post a Comment